Dilihat : 118 kali

ARAH BAIK - Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario one way guna mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik Lebaran tahun ini. Skenario akan mulai diterapkan pada 6 Mei.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa penerapan one way akan diterapkan di jalan tol mulai 6 hingga 8 Mei.

Kebijakan itu diterapkan sejak gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3 gerbang Tol Halim Jakarta Timur. Semua akses tol hanya dipakai untuk kendaraan yang menuju Jakarta.

"Jadi bayangkan dari Semarang sana jalur a dan b dipakai semua dan semua akan bermuara di Halim, kecuali yang dari arah Jakarta ke Cikampek. Saat one way berlawanan arah tidak dipakai, jadi one way hanya dipakai jalur a b dan tol MBZ (Mohammed Bin Zayed)," tutur Sambodo.

Sambodo juga menambahkan kendaraan dari Tol Dalam Kota akan dikeluarkan di Cawang. Kemudian bisa ke arah Tol Priok atau jalur Jagorawi. Bagi masyarakat bisa keluar di Halim, jadi bisa ke bawah ambil jalur arteri.

Sambodo menuturkan ada sekitar 9 ribu personel Ditlantas Polda Metro Jaya yang diterjunkan untuk memantau serta mengamankan arus mudik dan arus balik.

Selain itu, juga disiapkan sekitar 40 pos pengamanan dan pos pelayanan di sejumlah titik. Nantinya, masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi booster bisa memperolehnya di pos pelayanan.

Mengenai lokasi pos pengamanan dan pos pelayanan tersebut, kata Sambodo, Polda Metro Jaya masih melakukan pemetaan calon lokasi.

"Di titik di Kedung Waringin dan Jatiuwung yang ke arah Merak itu kita siapkan ada pos pelayanan, rest area khusus sepeda motor ada tempat untuk isi bensin dan ngaso sebentar," ucap Sambodo.***


Skenario Polisi Saat Arus Balik Lebaran One Way Dari Semarang Hingga Jakarta