Dilihat : 126 kali

ARAH BAIK - Mudik lebaran bakal ramai tahun2022 ini setelah pemerintah menetapkan cuti bersama Idul Fitri selama empat hari, yaitu pada 29 April, dan 4,5, serta 6 Mei 2022.

Indra Permanajati Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengatakan di tengah euforia arus mudik masyarakat perlu tetap memperhatikan jalur-jalur yang akan dilalui dengan penuh kehati-hatian.

Apalagi saat melewati daerah-daerah yang rawan bencana seperti longsor, banjir, angin kencang dan berbagai bencana lainnya.

Indra mengatakan saat perjalanan mudik lebaran harus tetap berhati-hati dan terus mengikuti informasi prakiraan cuaca terkini pada wilayah yang sedang dilintasi pada Minggu, 17 April 2022.

Menurutnya, informasi prakiraan cuaca secara simultan bisa menjadi acuan pemudik untuk menentukan rute.

Ia juga mengingatkan kepada pemudik Lebaran 2022 agar tetap memperhatikan rambu-rambu atau peringatan dini yang terpasang di jalur mudik. Rambu-rambu peringatan mengenai area rawan bencana sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati rute yang berisiko.

Saat mudik lebaran 2022, masyarakat pun harus tetap mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan prorkol kesehatan.

Yudhi Wibowo Ahli Epidemiologi Unsoed mengingatkan masyarakat agar melaksanakan vaksinasi penguat atau booster saat mudik Lebaran 2022. Vaksinasi penguat memang dibutuhkan untuk memberikan perlindungan yang lebih optimal.***


Tips Mudik Lebaran 2022 Perhatikan Prakiraan Cuaca Dan Rambu Bencana