Dilihat : 100 kali

ARAH BAIK – Di era serba teknologi ini, Anda bisa dengan mudah menemukan konten yang isinya pamer harta kekayaan, mulai dari mobil sport, liburan mewah di kapal pesiar, sampai rumah bak Istana.

Tapi sebaiknya, Anda jangan tergesa-gesa terpukau melihat konten semacam itu. Karena, orang kaya justru tidak suka memaperkan harta kekayaannya.

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett yang juga orang terkaya kelima di dunia dikenal menjalani hidup sederhana.

Warren Buffett tinggal di rumahnya di Omaha, Nebraska, selama lebih dari 60 tahun. Meski memiliki kekayaan yang berlipat-lipat, tidak tidak ingin pindah ke villa mewah di California yang berharga ratusan miliar.

"Saya senang tinggal di sini. Saya akan pindah hanya jika saya bisa lebih bahagia di tempat lain," katanya dikutip dari CNBC International.

“Saya merasa hangat berada di rumah ini ketika musim dingin, dan merasa dingin ketika musim nyaman. Nyaman sekali di sini," ujarnya dalam wawancara.

"Tidak ada rumah yang bisa membuat saya lebih bahagia daripada di sini," sambungnya.

Ketika banyak triliuner yang mengoleksi mobil sport mewah, Buffett lebih memilih memakai mobil dengan harga murah. Mobilnya dalah Cadillac XTS yang ia beli pada tahun 2014.

“Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mill dalam setahun, jadi saya sangat jarang membeli mobil baru,” katanya kepada Forbes.

Bagi orang superkaya, menjalani hidup yang “wajar” adalah cara untuk menunjukan bahwa mereka tidak menganggap remeh nasib baik dan kekayaan yang mereka miliki. Ini berbeda dengan konsep hemat bagi kebanyakan orang yang menjalani frugal living sebagai bentuk pengendalian diri.

Mengutip dari Vice, Rachel Sudirman, seorang professor sosiologi di New Scholl for Social, New York, telah mempelajari kebiasaan belanja di kalangan orang kaya.

Riset tersebut menemukan bahwa banyak di kalangan mereka yang sangat berhati-hati dalam membelanjakan harta mereka.

Mereka tidak suka tertarik dengan membeli barang-barang mewah. Sebaliknya, orang-orang superkaya justru berusaha membelanjakan uang mereka “senormal mungkin”. ***


Orang Terkaya Di Dunia Warren Buffett Kenapa Memilih Hidup Sederhana