Dilihat : 91 kali

ARAH BAIK - Lembaga Pengawas komunikasi Rusia menyebut bahwa mereka akan mengambil langkah untuk menghukum Google karena telah melanggar hukum negara, Kamis, 7 April 2022.

Bentuk hukuman yang diberikan yaitu larangan mengiklankan platform serta informasi mengenai mereka.

Mengutip dari Reuters, langkah-langkah tersebut akan berlaku untuk Google Search, toko aplikasi Google Play, Youtube, Youtube Music, Google Chat, dan Gmail.

Sebelumnya, Rusia menuduh platform berbagi video milik Google, yaitu Youtube, dengan sengaja menutup media lokal yang didanai oleh negara.

Mereka juga menuduh Youtube sebagai salah satu platform utama yang menyebarkan kebohongan (gambar palsu) tentang jalannya operasi militer khusus (Rusia) di wilayah Ukraina, serta mendiskreditkan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

Mesin pencari Rusia, YANDEX akan mengirimkan peringatan ke Google yang isinya mengatakan bahwa telah melanggar hukum Rusia. Peringatan ini berlaku sampai mereka mematuhi undang-undang.

Google telah menghabiskan dana sebesar 243 juta rubel (US $ 3,2 juta) untuk iklan di Rusia. Pada tahun 2021, menurut sebuah laporan di surat kabar Kommersant yang mengutip publikasi industri Adlndex.

Pada bulan lalu, Rusia menuntut Google agar berhenti menyebarkan apa yang mereka sebut sebagai ancaman terhadap warga Rusia di Youtube.

Pihak yang berwenang Rusia juga telah memblokir layanan agregator berita Google pada bulan Maret dengan tuduhan memberikan akses informasi palsu tentang operasi militer di Ukraina.

Hingga sampai saaat ini pihak Google belum memberikan tanggapan apapun. ***


Buntut Perang Di Ukraina Rusia Akan Beri Hukuman Ke Google