Dilihat : 64 kali

ARAH BAIK – Deretan artis Hollywood terkenal yang masuk islam, memiliki perjalanan panjang hingga memutuskan untuk berpindah keyakinan.

Meskipun dilahirkan dan dibesarkan di agama non islam, beberapa artis Hollywood ini secara terang-terangan mengungkapkan perjalanan spiritualnya kepada khalayak umum.

Berikut artis Hollywood yang menjadi mualaf :

1. Mahershala Ali

Artis Hollywod terkenal ini adalah Mahershala Ali. Debut sejak 2001, dia sudah membintangi beberapa film fenomenal, seperti Green Boo (2018) dan Monlight (2016).

Berkat usahanya, pada usia 48 tahun Mahershala Ali menerima penghargaan bergengsi dari Academy Awards, Golden Globe Award, Screen Actors Guild Awards, BAFTA Awards, hingga Critics’ Choice Movie Awards.

Ia bahkan masuk dalam 100 orang yang berpengaruh di dunia versi majalah Time di tahun 2019 dan menempati posisi ke-23 dalam daftar 25 aktor terhebat sepanjang abad ke-21 versi majalah The New Yorkk Times (2020).

Perihal keyakinan, Mahershala Ali ternyata merupakan seorang muslim meskipun dirinya dibesarkan keluarganya yang menganut agama Kristen yang taat. Keputusan Mahershala Ali untuk masuk hingga ini setelah ia mendengarkan khutbah dan lantunan ayat suci Al-qu’an di sebuah masjid Amerika Serikat pada tahun 2000.

Perpindahan keyakinan Mahershala Ali ini di dukung kuat oleh ibunya yang merupakan seorang pendeta.

2. Jermaine Jackson

Artis Hollywood yang terkenal selanjutnya yaitu saudara kandung dari Michael Jackson. Jermaine Jackson ini merupakan penyanyi dan komposer papan atas di Hollywood. Namanya melambung setelah menjadi personal Jacksonn 5 dan menghasilkan beberapa karya yang fenomenal.

Jermaine Jackson merupakan salah satu artis Hollywood yang memutuskan untuk masuk Islam, setelah melalui perjalanan spiritual yang cukup panjang. Awalnya dia tengah melakukan tur konser  hingga ke Bahrain di Timur Tengah pada tahun 1980-an. Saat itu Jermaine sedang berdiskusi dengan anak-anak disana mengenai agama yang mereka anut.

Dari diskusi tersebut, Jermaine begitu penasaran dan mulai mempelajari Islam dengan mengunjungi sejumlah ulama terkemuka. Keyakinannya terguncang hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke Makkah bersama sahabatnya, Qunber Ali.

Saat berada di Makkah, Jermaine yang lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang menganut agama Islam, akhirnya memutuskan untuk masuk Islam. Ia juga mengganti namanya menjadi Muhammad Abdul Aziz.

3. Janet Jackson

Beberapa tahun setelah jermaine Jackson berpindah agama, Janet jackson ikut serta mengikuti jejak kakaknya. Jermaine Jackson dan Michael Jacksonm merupakan saudara kandung dari Janet Jackson. Janet memutuskan untuk masuk Islam pada tahun 2013.

Salah satu artis Hollywood yang terkenal masuk Islam, setelah menikah dengan konglomerat asal Timur Tengah yang bernama Wissam Al Mana di tahun 2012. Awalnya, ia tidak mengeluarkan pernyataan resmi mengenai bahwa dirinya telah berpindah keyakinan, tetapi publik menduga setelah Janet mengubah gaya busananya yang mengalami perubahan total.

Janet Jackson memang terkenal sebagai penyanyi terkenal Hollywood dengan gaya busana yang seksi dan sering menampilkan tarian-tarian menggoda di atas panggung. Namun, setelah dengan konglomerat Asia Timur Tengah, ia mengubah gaya berpakaiannya menjadi lebih tertutup. Dia bahkan pernah tertangkap kamera dengan mengenakan jilbab ketika sedang berjalan-jalan bersama sang suami.

Orang terdekat Janet Jackson menyebutkan bahwa Janet mulai mempelajari agama Islam kala itu. Namun setelah bercerai dari Wissam Al Mana, belum diketahui apakah Janet masih memeluk Islam atau kembali ke agama semulanya.

4. Dave Chappelle

Dave Chappelle merupakan seorang komedian, aktor, penulis, cerita, dan produser film dan TV ternama di Hollywood.

Ia juga sempat membintangi beberapa film populer, seperti Robin Hood (1993) dan Con Air (1997). Di saat ia berada di puncak karirnya, ia memutuskan untuk pindah agama menjadi seorang muslim setelah mengalami proses spiritual yang panjang.

Dave bercerita awal mulanya ia masuk Islam, bermula saat ia berdiskusi dengan pegawai kedai pizza yang merupakan orang Islam di Washington DC. Daro diskusi tersebut, ia mendapatkan pandangan baru tentang agama Islan yang akhirnya mendorongnya untuk mempelajari agama tersebut hingga menemui beberapa ulama.

Diketahui setelah masuk Islam akhirmya pada tahun1998, ia sempat menjalankan ibadah Haji layaknya umat muslim.

5. Jemima Goldsmith

Jemima Goldsmith memutuskan untuk berpindah keyakinan saat menikah dengan pria muslim asala Pakistan, Imran Khan padan 1995. Setelah perpindahan tersebut Jemima Goldsmith mengunah namanya menjadi Jemima Khan.

Sebelumnya Jemima Goldsmith berprofesi sebagai jurnalis, editor, hingga produser film ternama di Hollywood yang lahir dan dibesarkan di keluarga Yahudi yang taat. Namun keyakinan nya berubah beberapa bulan sebelum acara pernikahannya dilaksanakan.

Sebagai seorang muslimah, Jemima Goldsmith terlihat sedang menjalankan ibadah puasanya di bulan Ramadhan dan merayakan Idul Fitri dan Idul Adha bersama suaminya.

Beruntung, sejumlah artis Hollywood papan atas yang masuk Islam, mendapatkan dukungan dari orang tua dan keluarganya yang berbeda keyakinan. ***


5 Artis Hollywood Jadi Mualaf Ada Yang Sudah Naik Haji