Dilihat : 74 kali

ARAH BAIK – Invasi Rusia dan Ukraina tidak hanya berimbas kepada sanksi ekonomi dan politik antar negara tetapi juga sampai pada sektor olahraga, salah satunya sepak bola.                   

FIFA dan UEFA telah menangguhkan tim dan klub nasional Rusia dan sepak bola internasional hingga pemberitahuan lebih lanjut karena invasi negara itu ke Ukraina.

Keinginan Rusia berlaga di Piala Dunia  secara efektif berakhir setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menolak permintaan dari PSSI nya Rusia yaitu Football Union Of Russia untuk membekukan skorsing FIFA.

Langkah itu membuat Rusia kemungkinan akan tersingkir dari Piala Dunia tahun ini dan turnamen putri EURO 2020.

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengatakan, Persatuan Sepak Bola Rusia (FUR) telah mencabut banding terhadap badan sepak bola dunia FIFA dan juga Asosiasi Sepak Bola Polandia, Swedia dan RepublikCeko

FIFA dan UEFA memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional atau klub, akan ditangguhkan daripartisipasi dalam kompetisi mereka sampai pemberitahuan lebih lanjut setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Satu-satunya cara Rusia masih bisa tampil di babak playoff adalah perbaikan mendadak dalam situasi di Ukraina yang mengarah pada pencabutan skorsing.

Pada 24 Maret Timnas Rusia dijadwalkan menjamu Polandia di babak playoff kualifikasi Piala Dunia tetapi FIFA telah mengatakan bahwa Polandia akan diberikan bye ke final playoff untuk melawan Swedia atau RepublikCeko.

Pengadilan tertinggi olahraga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa prosedur itu akan segera dihentikan, serta panel arbiter saat ini sedang dibentuk dan belum ada kalender prosedural yang ditetapkan.

"Proses arbitrase CAS berlanjut. Sebuah panel arbiter saat ini sedang dibentuk dan para pihak bertukar pengajuan tertulis," kata CAS dalam sebuah pernyataan.

Setelah melakukan invasi ke Ukraina beberapa asosiasi sepak bola nasional mengumumkan tidak akan bermain melawan Rusia termasuk Polandia, Swedia, dan Republik Ceko.

FA Polandia telah mengatakan bahwa mereka akan menolak untuk bermain melawan tim Rusia. Republik Ceko dan Swedia, yang berada di jalur playoff yang sama, juga harus absen menghadapi Rusia.

CAS juga telah menegakkan larangan UEFA pada tim Rusia yang mengambil bagian dalam kompetisi selama prosesnya.***


Aju Banding Ditolak Fifa Timnas Rusia Tak Bisa Tampil Di Piala Dunia 2022