Dilihat : 86 kali

ARAH BAIK – Sebenarnya bolehkah vaksin saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan? Ini penjelasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sebelumnya, pemerintah telah mewajibkan para pemudik untuk vaksinasi booster sebagai syarat sebelum pulang ke kampung halaman.

Bagi masyarakat yang masih melakukan vaksinasi dosis dua diprediksi akan mengejar booster bahkan di bulan Ramadhan ini.

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas menjelaskan terkait vaksinasi di bulan Ramadhan ini berdasarkan Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021.

Menurut Fatwa MUI tersebut menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa.

“Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa,” bunyi Fatwa MUI No. 13 Tahun 2021.

“Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berkuasa dengan infeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar).”

Dengan begitu, pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 pada saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi uma Islam yang sedang berpuasa.

MUI mengatakan jika pada siang hari saat berpuasa, vaksinasi Cvid-19 dapat menyebabkan lemahnya fisik, pemerintah dapat melakukannya pada malam hari.

Sementara itu, menurut Panduan Penyelenggaran Ibadah di Bulan Ramadhan 1442 H bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

“Vaksinasi saat berpuasa tidak membatalkan puasa karenanya umat Islam yang sedang berpuasa boleh melakukan vaksinasi,” bunyi Panduan tersebut.

Dituliskan juga setiap muslim berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai peredaran Covid-19, diantaranya dengan vaksinasi Covid-19 guna mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity).***


Bolehkah Vaksin Covid19 Saat Puasa Ramadhan Mui Beri Penjelasan Ini