Dilihat : 45 kali

ARAH BAIK – Bulan Ramadhan tak hanya menjadi ladang pahala tapi juga menjadi ladang rezeki, makanya tak jarang orang membuka beragam usaha baru.

Bulan Ramadhan di Indonesia, tidak hanya identic dengan berpuasa, tetapi juga banyaknya masyarakat yang membuka usaha dadakan.

Mulai dari makanan hingga baju muslim, menjadi peluang para pengusaha yang ingin meraup keuntungan, karena di bulan puasa kebutuhan akan hal ini dipastikan meningkat.

Kamu juga bisa loh ikut serta memanfaatkan momen dengan membuka suatu usaha, lalu peluang usaha apa saja yang bisa memberikan kamu keuntungan di bulan Ramadhan ini?.

Langsung simak beberapa rekomendasi ide usaha di bulan Ramadhan 2022 :

1. Katering Makanan

Saat bulan puasa, ada sebagian orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka maupun sahur. Dengan mengambil peluang ini, Anda bisa mencoba untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadan 2022. Anda bisa menawarkannya kepada anak kost atau ibu pekerja karena seringkali mereka tidak memiliki waktu banyak karena kesibukannya.

2. Jualan Takjil dan Minuman Segar

Waktu berbuka puasa tentunya menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa akan membutuhkan makanan atau minuman untuk buka puasa. Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk dijadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar biasanya adalah hidangan yang sering orang beli untuk berbuka puasa.

3. Menjajakan Buah-Buahan

Saat berpuasa, buah-buahan pencuci mulut banyak dicari agar menjaga tubuh tetap fit saat menjalani puasa. Selain itu, buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

4. Perlengkapan Ibadah

Banyak orang berbondong-bondong menjalankan ibadah untuk menambah pahala. Nah, untuk menjalankan ibadah tentunya membutuhkan perlengkapan ibadah.

Peralatan-peralatan ibadah yang dapat Anda jual misalnya tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis selama bulan puasa Ramadan 2022.

5. Menjual Baju Muslim

Tidak dapat dipungkiri, salah satu usaha yang menguntungkan selama bulan Ramadan yang bisa Anda coba salah satunya yaitu menjual pakaian muslim. Hal ini dikarenakan bulan Ramadan baik pria dan wanita menggunakan baju muslimdan tertutup dalam kesehariannya.

6. Kue Kering

Selanjutnya ada kue kering seperti nastar atau putri salju sebagai salah satu usaha di bulan Ramadan 2022. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang punya passion dalam dunia baking.

Jika Anda belum terbiasa membuatnya, anda bisa coba untuk latihan terlebih dahulu sebelum hari lebaran tiba. Setelah itu, Anda bisa menawarkan kue kering buatan anda ke rekan kerja, tetangga, hingga keluarga.

Bila perlu, gunakan sistem penjualan reseller dengan mengajak kerabat atau teman-teman anda untuk ikut menjual produk anda.

7. Parsel

Selain membuat kue kering, anda juga bisa membuat jasa pembuatan parsel yang tentunya akan sangat menguntungkan saat menjelang lebaran. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian yang berbeda, seperti kue kering bikinan anda, aneka macam makanan ringan, dan biskuit yang ada di pasaran, hingga sembako (sembilan bahan pokok).

8. Ketupat

Ketupat seringkali dijadikan simbol Hari Raya Idul Fitri. Tidak ada ketupat, rasanya seperti ada yang kurang. Tetapi sebelum lebaran, menu ketupat kerap disajikan saat tradisi qunutan.

Di pertengahan bulan puasa Ramadan, biasanya ketupat dimakan bersama opor ayam atau sayur labu siam. Sehingga biasanya banyak orang yang membutuhkan kulit ketupat untuk membuat menu ini.

9. Kurma

Makan kurma saat berbuka puasa termasuk salah satu sunnah rasul. Kurma juga baik untuk kesehatan tubuh karena dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus selama berpuasa. Jadi tidak heran jika segala jenis kurma dijual di pasar sampai supermarket. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk berjual.

10. Es Buah

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, banyak orang yang menginginkan minuman yang menyegarkan, salah satunya es buah yang pastinya selalu laris manis di pasaran.

Banyak aneka minuman yang dapat menjadi pilihan dari menu jualan anda, seperti es blewah, timun suri, hingga es teler. Selain itu, anda juga bisa mengadakan sebuah promosi dimana pembeli yang membawa wadah sendiri akan mendapatkan diskon.

Selain untuk menarik konsumen, cara ini juga bisa membantu untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan tentunya akan berdampak baik bagi lingkungan.

11. Produk Kecantikan

Tidak hanya tampil cantik dalam berbusana, banyak orang juga ingin berpenampilan lebih maksimal pada Hari Raya. Karena itu, usaha produk kecantikan biasanya makin laris manis saat Ramadan.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

12. Rental Mobil

Ketika hari Lebaran tiba, banyak orang yang merayakannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun, faktanya tidak semua orang memiliki mobil pribadi, tetapi malas juga menggunakan kendaraan umum.

13. Cuci Kendaraan

Tidak hanya rental mobil saja yang mempunyai potensi besar untuk menjadi ide bisnis di bulan puasa Ramadan 2022, namun jasa pencucian kendaraan juga. Banyak orang mencari jasa cuci kendaraan jelang mudik dan meninggalkan kendaraannya di rumah. Jadi, saat ditinggal pergi, kendaraan sudah dalam keadaan bersih.

14. Penitipan Kendaraan

Ide bisnis di bulan Ramadan 2022 yang dapat Anda coba berkaitan dengan kendaraan, yaitu jasa penitipan mobil. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki lapak besar tetapi tidak terpakai.

Biasanya, banyak orang yang khawatir untuk meninggalkan kendaraan pribadi mereka di rumah kosong saat mudik lebaran, maka dari itu usaha ini selain memberikan keuntungan juga membantu sesama loh.

15. Jasa Penukaran Uang

Biasanya, menjelang lebaran jasa penukaran uang sangat diburu oleh masyarakat. Banyak orang ingin menukar uang nominal besar ke nominal kecil, seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 untuk dibagikan ke sanak saudara di kampung.

16. Penyaluran Asisten Rumah Tangga (ART)

Banyak Asisten Rumah Tangga yang juga pulang kampung saat Lebaran. Anda yang biasanya dibantu oleh ART di rumah, tentunya akan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan di rumah semuanya sendiri. Maka dari itu, banyak dari mereka yang mencari infal atau Asisten Rumah Tangga sementara untuk membantu selama bulan Ramadan.

17. Usaha Laundry

Dengan banyaknya Asisten Rumah Tangga yang pergi mudik, Anda yang biasanya mendapat bantuan untuk mengurusi urusan rumah biasanya akanmerasa kesulitan, salah satunya untuk mencuci baju. Maka dari itu, tidak jarang orang yang menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju mereka. Melakukan usaha laundry termasuk usaha dengan modal kecil dan siapapun bisa melakukan usaha ini.

18. Jasa Custom Amplop Uang

Tunjangan Hari Raya (THR) rasanya kurang lengkap jika tidak dimasukkan ke dalam amplop. Agar lebih berkesan, selain menjual amplop biasa, anda juga bisa menawarkan amplop custom yang dapat disesuaikan dengan nama penerima THR.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat Amplop yang memungkinkan pemberi THR bisa menuliskan pesan personalnya pada amplop tersebut. Jadi, hal ini bisa jauh lebih menarik dan berkesan.

19. Masker Edisi Lebaran

Pandemi yang belum berakhir membuat masker masih menjadi produk yang banyak dicari orang selama bulan Ramadan. Anda bisa menjadikan produk masker menjadi salah satu peluang usaha di bulan Ramadan 2022. Agar lebih unik dan beda, anda juga bisa membuat masker mulut yang dapat dipasangkan dengan baju muslim untuk Hari Raya Lebaran.

20. Produk Kesehatan

Selain perabotan rumah, produk kesehatan juga mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadan. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit, tentunya sangat penting saat menjalankan ibadah puasa, terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang.

Anda bisa menawarkan berbagai produk kesehatan, seperti suplemen makanan, vitamin, hingga minuman herbal seperti jamu. Pastikan juga barang yang anda jual semuanya sudah memiliki izin BPOM dan Halal MUI.

Itulah 20 rekomendasi usaha yang berpotensi laris pada bulan Ramadhan 2022.***


Raih Untung 20 Ide Usaha Di Bulan Ramadhan 2022