Dilihat : 54 kali

ARAH BAIK – Saat puasa Ramadhan, pasti sering muncul beberapa masalah kulit yang menganggu.

Salah satu masalah kulit yaitu munculnya jerawat. Munculnya jerawat bukan karena aktivitas puasa melainkan kesalahan dalam memilih makanan saat berbuka puasa.

"Jerawat bisa terjadi pada orang yang berpuasa akan tetapi bukan karena puasanya tetapi malahan waktu buka puasanya," ujar Aninda Marina dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dalam sebuah konferensi pers daring, Kamis, 31 Maret 2022.

Aninda yang praktik di Klinik Bamed mengatakan bahwa berbuka puasa dengan makanan manis berlebihan menjadi sumber masalahnya. Konsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan gula darah dan insulin naik.

"Dibilang berbuka puasa harus makan yang manis-manis, sedangkan kalau kita berpuasa lalu langsung makan manis otomatis gula darah langsung naik, begitu juga dengan hormon insulin juga langsung naik," kata Aninda.

Akibatnya, muncul komponen yang dinamakan Insulin Growth Factor (IGF) yang sangat berperan pembentukan jerawat.

Menurut Aninda, makanan manis juga dapat menyebabkan jerawat.

Selain makanan manis, makanan berminyak dan kurangnya waktu istirahat selama Ramadhan dapat menyebabkan kulit muncul jerawat.

"Kurangnya tidur itu menganggu ritme sirkadian sehingga juga mempermudah pertumbuhan jerawat," tutur Aninda.

Terkait pola makan yang sehat agar kesehatan kulit anda terlindungi saat berpuasa, Aninda menyarankan untuk memilih makanan dengan gizi seimbang.

Pastikan mengkonsumsi karbohidrat kompleks rendah gula, protein, sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A,B dan C dalam makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Vitamin tersebut untuk regenerasi kulit sehingga kulit selalu sehat.

Kemudian, mengingat nutrisi dapat berkurang puasa, makan sebaiknya rutin menambah suplemen vitamin D pada rutinitas. Vitamin D juga dapat mencegah kekambuhan penyakit kulit seperti eksim juga dapat memperbaiki imun tubuh.***


Bisa Picu Jerawat Hatihati Ketika Memilih Makanan Saat Buka Puasa