Dilihat : 43 kali

ARAH BAIK - Ramadhan tahun umat muslim sudah menyiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa Ramadhan untuk satu bulan kedepan.

Namun tantangan terberat mereka yaitu biasanya merasakan kantuk dan tidak produktif jika diteruskan dengan tidur setelah sahur.

Mengulas dari situs Healthline, secara umum mengantuk usai makan termasuk sahur sebenarnya reaksi normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Sebab beberapa faktor berkontribusi terhadap fenomena pasca-makan, yang di antaranya dapat menyebabkan efek kantuk.

Setelah makan, makanan akan dicerna dan dipecah menjadi glukosa oleh sistem pencernaan tubuh, kemudian makronutrien seperti protein memberikan energi untuk tubuh. Proses pencernaan inilah yang menyebabkan kantuk.

Peningkatan kadar hormon di otak inilah yang menyebabkan efek kantuk, salah satunya serotonin. Selain itu, makan juga menyebabkan produksi hormon melatonin yang berperan menginduksi rasa kantuk.

Lalu, bagaimana cara mencegah rasa kantuk usai makan sahur? Merangkum dari beberapa sumber, berikut tips menahan kantuk :

1. Istirahat yang cukup

Istirahat di malam hari dapat menahan rasa kantuk akibat kurang tidur saat sahur.

2. Minum air putih yang cukup

Mengutip dari The Daily Mind, segelas air putih terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang berperan meningkatkan rasa terjaga dari kantuk.

3. Lakukan aktivitas kecil

Salah satunya yaitu menonton TV, karena aktivitas ini dapat menahan rasa kantuk setelah sahur.

4. Mandi dan wudhu menggunakan air dingin

Apabila tidak mampu untuk mandi setelah sahur, Anda bisa berwudhu dengan air dingin, supaya tubuh lebih segar dan tidak mengantuk.

5. Olahraga pagi

Olahraga kecil selepas makan sahur dapat mencegah rasa kantuk. Anda bisa melakukan olahraga kecil tersebut dengan jalan-jalan disekitar rumah Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rasa kantuk setelah makan sahur. ***


Begini Cara Cegah Kantuk Usai Sahur