Dilihat : 92 kali

ARAH BAIK – Bulan Ramadhan telah tiba, kaum muslim diwajibkan untuk berpuasa. Namun, jika kala menyantap makanan salah satu akibatnya akan membuat kita kantuk.

Kondisi ini akan menghambat aktivitas lainnya setelah berbuka puasa, termasuk beribadah.

Mengapa mata mengantuk jika terlalu kenyang buka puasa?

Mengutip Almadina Institute, salah satu hal yang menyebabkan timbulnya rasa kantuk setelah berbuka puasa, tersebab kadar gula darah yang tiba-tiba naik. Hampir semua makanan yang masuk kedalam tubuh akan meningkatkan kadar gula darah. Semakin berat makanan yang dikonsumsi, maka semakin besar pula insulin yang akan diproduksi oleh pankreas.

Insulin lantas beraksi terhadap protein di dalam otak dan menghasilkan hormone tidur yang biasa disebut serotonin. Serotonin inilah yang bertugas untuk memberitahu otak agar kita segera tidur karena mengantuk.

Mengutip Healthline, cara terbaik buka puasa, makan dalam jumlah atau porsi yang sedikit. Saat puasa, lambung akan kosong, sehingga akan terbebani jika diisi dalam jumlah banyak sekaligus yang bisa berakibat sakit perut.

Makanan yang sangat tinggi lemak dan gula sebaiknya dihindari saat berbuka, karena sulit dicerna tubuh, yang mengakibatkan kembung. Begitu juga ketika minum, tak perlu meneguk soda, karena bisa menyebabkan kontraksi perut.

Menurut William Ja, ahlisaraf Scripps Research Institute, tubuh yang tiba-tiba mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, menyebabkan timbulnya rasa kantuk. Itu karena,  usus berusaha lebih keras mencerna makanan. Otak pun menyalurkan sejumlah besar sel darah ke usus.

Sel darah yang dikirim secara tiba-tiba ke usus, akan membuat pasokan darah di otak berkurang. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan timbulnya rasa kantuk.***


Setelah Berbuka Puasa Rasa Ngantuk Menyerang Kenapa