Dilihat : 51 kali

ARAH BAIK – Kominfo memaparkan strategi-strategi untuk mewujudkan Indonesia Digital.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate berkomitmen menyelesaikan peta jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang merupakan salah satu amanat dari lima arahan Presiden Jokowi.

“Tujuan peta jalan jalan Indonesia secara garis besar adalah untuk memberikan penjelasan mengenai arah, kebijakan, implementasi atau pelaksanaan serta target dalam mempercepat akselerasi transformasi digital Indonesia,” kata Johnny saat Rapat bersama Komisi I DPR, Selasa 22 Maret 2022.                           

Berikut ini 6 strategi Kominfo untuk mewujudkan Indonesia Digital :

1. Membangun Infrastruktur digital

Kominfo menargetkan pada akhir 2022 sebanyak 7.904 lokasi Base Transceiver Station (BTS) dibangun di  Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

Tak hanya memperbanyak BTS, tetapi Kominfo juga berkomitmen menyediakan konektivitas yang inklusif, aman dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.

2. Membangun lembaga pemerintah digital

Pembangunan lembaga pemerintahan digital yang terbuka dan terintegrasi untuk meningkatkan layanan publik.

3. Menjadi produsen teknologi

Mengubah Indonesia dari negara konsumen menjadi produsen teknologi melalui investasi berbagai platform, produk dan sistem yang memiliki nilai kepentingan strategi nasional dengan menetapkan TKDN untuk 4G: 35 persen dan 5G: 35 persen.

4. Research and Development

Melakukan harmonisasi regulasi dan meningkatakn pendanaan untuk memajukan inovasi.

5. Memperkuat digitalisasi pada sektor prioritas

Meningkatkan kapabilitas digital pada sektor prioritas untuk memperkuat daya saing geo strategis dan mendorong pertumbuhan yang berkualitas.

Sektor prioritas tersebut, yaitu transportasi, pariwisata, perdagangan, jasa keuangan, media dan hiburan, pertanian dan perikanan, real estate dan perkotaan, pendidikan, kesehatan, perindustrian, dan lembaga pemerintahan.

6. Membangun budaya digital

Membangun budaya digital dan memanfaatkan bonus demografi serta memberdayakan rakyat Indonesia dalam mengembangkan dunia digital.

Dalam rapat bersama Komisi I DPR pada 22 Maret lalu, Kominfo membutuhkan alokasi anggaran untuk mengimplementasikan 6 strategi tersebut.

“Inilah peran yang besar sekali yang dilakukan oleh Komisi I DPR RI dalam mempersiapkan ketersediaan apembiayaan pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pembangunan konektivitas upstream digital Indonesia,” kata Johnny.***


6 Strategi Kominfo Wujudkan Indonesia Digital Salah Satunya Jadi Produsen Teknologi