Dilihat : 55 kali

ARAH BAIK – Pengguna internet di Indonesia tiap tahunnya menunjukkan angka kenaikan.

Berdasarkan data dari Polling Indonesia, pengguna internet di Indonesia pada akhir tahun 2021 mencapai 220 juta atau 80,9 persen dari 272 juta penduduk.

Chairman Yayasan Indonesia, Jamalul Izza mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan, pengguna internet cukup besar.

“Jumlah pengguna internet tahun 2021 tumbuh sebesar 23 juta atau 7,2 persen. Angka pengguna internet di Indonesia itu termasuk sudah cukup besar untuk kriteria negara kepulauan,” katanya dalam acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022, Selasa 29 Maret 2022.

Menurut Jamalul, sebagai negara kepulauan, tidak mudah mencapai angka 80,9 persen yang perlu kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan mengakselerasi jumlah pengguna internet.

Pemangku kepentingan tersebut, yaitu Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Badan Layanan Umum (BLU) di bawah komando Kementerian Komunikasi dan Informatikka (Kominfo).

BAKTI dan BLU menargetkan pada akhir 2022 sebanyak 7.904 lokasi Base Transceiver Station (BTS) dibangun di wilayah Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

“Dengan demikian, nantinya jumlah pengguna internet di Indonesia pun akan mengalami peningkatan,” kata Jamalul.

Bersamaan dengan pembangunan infrastruktur itu, Jamalul menekankan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkan daya saing SDM.

“Jadi ketika seluruh usaha infrastruktur rampung, pemberdyaan SDM pun diharapkan tidak lagi gagap teknologi,” pungkas Jamalul.

Lanjut Jamalul, dibutuhkan proses pembangunan dalam bentuk pendidikan teknis yang tepat-guna bagi calon tenaga kerja era digital yang mampu bersaing serta adaptif terhadap kebutuhan teknologi yang terus berkembang seiring pesatnya inovasi teknologi di era digital.

“SDM tersebut harus siap berkontribusi langsung terhadap pembangunan berbasis teknogi digital, sehingga dapat meningkatkab daya saing daerah pada khususnya dan daya saing nasional pada umumnya,” ujar Jamalul.***


Pengguna Internet Di Indonesia Makin Banyak Tinggal Persiapkan Daya Saing Sdm