Dilihat : 70 kali

ARAH BAIK - Dukungan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggema dalam acara Silaturrahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin. Teriakan Jokowi 3 Periode bersahutan saat Luhut Pandjaitan mengisi acara.

Luhut disebut berada di belakang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang berencana akan melakukan deklarasi dukungan terhadap Presiden Joko Widodo 3 Periode.

Ketua Majelis Pembina Organisasi APDESI Muhammad Asri Anas mengakui bahwa Luhut sebagai ketua dewan pembina mereka.

"Kalau ketua dewan pembina kan kita, anu, Pak Luhut, mau tarik-tarik ke mana terserahlah ya," kata Anas seraya tertawa, saat ditemui usai acara Silaturahmi Nasional (Apdesi) di Istora GBK, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Maret 2022.

Selain Luhut, sejumlah menteri Jokowi lainnya juga masuk dalam struktur organisasi APDESI pimpinan Surta Wijaya tersebut. Anas mengakatan menteri Desa Abdul Hakim Iskandar dan Tito Karnavian sebagai penasehat mereka.

Anas menyebut dukungan Jokowi 3 Periode sebenarnya muncul karena aspirasi dari kepala desa mulai diterima oleh kepala negara ini. Ada lima aspirasi yang dibawa mereka, dari perubahan sistem gaji sekali tiga bulanbukan setiap bulan sampai penyederhanaan pelaporan sisitem pertanggungjawaban.

“Jujur saja, lima aspirasi itu sudah empat tahun kami perjuangkan, tidak ada satupun menteri yang serius menanggapi," kata Anas. Baru sekarang, katanya, mulai ada respon dari pemerintah.

Ketua umum APDESI Surta Wijaya menyampaikan bahwa dukungan Jokowi 3 periode murni dari aspirasi internal karena merasa tuntutan mereka diterima presiden.

Sebagai catatan, ada dua kepengurusan APDESI. Kubu Arifin mengklaim mereka sebagai pengurus yang sah karena terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM.

Luhut sebelumnya ikut disorot dalam pusaran isu perpanjangan masa jabatan presiden.

Ia menjadi salah satu pendengung isu tersebut dengan mengklaim 110 juta orang mendukung menundanya Pemilu 2024, tetapi klaim Luhut ini diragukan banyak pihak.***


Luhut Pandjaitan Berada Dibelakang Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode