Dilihat : 57 kali

ARAH BAIK - Semenjak kasus covid terdeteksi, masker sudah menjadi salah satu benda yang wajib dipakai ketika hendak bepergian ataupun berada di dalam kerumunan orang.

Akan tetapi, pemakaian masker yang digantungkan di telinga ini menimbulkan masalah iritasi kulit di belakang telinga.

“Kondisi kulit yang lembab dan gesekan tali masker dengan kulit dapat memicu iritasi,” kata Dermolog sekaligus pemilik produk skincare Curology, David Lortscher yang dikutip dari laman Today.

Menurutnya, iritasi yang timbul berupa gatal-gatal, kulit memerah, kulit mengelupas atau lecet, memar, hingga berjerawat.

Peradangan tersebut juga bisa semakin parah jika seseorang mempunyai kulit yang cenderung sensitif serta pemakaian masker yang cukup lama.

Di bawah ini merupakan tips agar terhindar dari iritasi kulit ketika memakai masker:

1. Pakai Bantalan

Buatlah bantalan yang kecil kemudian diaplikasikan di belakang telinga agar tali masker tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Bantalan tali masker tersebut juga bisa dibikin sendiri dengan cara memanfaatkan kain kasa atau perban tipis. Dan pastinya dengan ukuran yang pas di belakang telinga agar nyaman ketika dipakai dan tidak mengganjal tentunya.

2. Pakai jenis masker yang lain

Hindarilah pemakaian masker jenis earloop (talinya mengait ke telinga). Pilihlah masker yang bagian talinya tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

3. Rawatlah kulit di sekitar telinga agar tetap bersih

Bersihkanlah kulit dengan menggunakan pelembab wajah dua kali supaya tetap lembab dan bersih.

Apabila sudah telanjur lecet, hal-hal yang harus dilakukan ialah:

1. Bersihkanlah kulit bagian belakang telinga dengan pelembab yang memiliki kemampuan dalam membentuk lapisan sebagai pelindung kulit yang iritasi. Misalnya pelembab Petroleum Jelly yang memiliki kemampuan baik dalam menghidrasi kulit.

2. Pakailah masker senyaman mungkin, dan pastikan pemakaian masker tidak terlalu kencang ataupun kendur.

3. Pakailan konektor masker, tali masker yang dikaitkan dengan konektor masker tentu akan terhindar dari kulit.

Itulah tips-tips agar terhindar dari iritasi kulit akibat pakai masker.***


Tips Agar Terhindar Dari Iritasi Kulit Akibat Pakai Masker