Dilihat : 55 kali

ARAH BAIK – Umat Muslim di seluruh penjuru dunia sedang menati-nanti datangnya bulan penuh ampunan dan keberkahan yaitu bulan Suci Ramadan dengan semangat dan harapan yang kuat untuk mencapai hal dan memanfaatkan bulan suci ini dengan berlomba-lomba meraih pahala.  Niat saja tidak cukup.

Umat Muslim perlu mengatur waktu dan planning untuk mencapai tujuannya yang telah direncanakan di bulan Ramadan. Sering kita memiliki tambahan tugas selama Ramadan, yaitu bekerja.

Sebagai istri ataupun suami menjalankan peran penting dan krusial dalam membantu anak- anak mereka dalam memahami bulan Ramadan dan merencakan kegiatan dan hiburan apa yang akan dilakukan selama bulan Ramadan.

Mengatur waktu tidak hanya mencakup bagaimana cara Anda mengatur waktu selama bulan Ramadan, tetapi bagaimana caranya mengurangi pekerjaan dan tanggung jawab selama Ramadan.

Prioritas, kemampuan, dan kondisi setiap orang berbeda, namun Anda dapat menyesuaikan saran di bawah ini agar cocok dengan gaya hidup.

Berikut Tips yang bermanfaat yang bisa Anda lakukan :

1. Tujuan yang Riil

Jangan menetapkan tujuan yang tidak riil untuk Anda sendiri. Anda perlu menselaraskan dengan kemampuan, tanggung jawab dan kondisi.

2. Sederhanakan

Anda jangan kewalahan dengan daftar makanan yang harus anda sediakan di setiap harinya untuk berbuka puasa. Pastikan makanan yang tersedia sehat dan mengandung nutrisi untuk tubuh Anda.

3. Persiapkan Dapur

Siapkan bumbu-bumbu dapur yang Anda perlukan selama bulan Ramadan, seperti bawang bombai, bawang putih dan merah, saus sambel/tomat dalam jumlah besar yang dapat Anda simpan di lemari pendingin.

Siapkan juga daging dan ayam dengan mencuci dan dibumbui. Buat minuman herbal dan simpan di lemari es.

4. Jaga Rumah Anda agar Tetap Teratur

Cara ini agar anda mudah dalam mencari barang.

5. Tetapkan Prioritas

Mulailah dengan aktivitas yang paling mudah untuk Anda kerjakan dan lanjutkan untuk aktivitas lainnya. Konsentrasilah pada tugas yang lebih penting dan lakukan dengan cepat.

6. Buat Jadwal Janji Temu dan Kunjungan

Jika bisa, hindari jalan jalan yang tidak perlu dan tetapkan waktu tertentu. Bicarakan kepada keluarga dan teman-teman Ramadan adalah waktu khusus untuk Anda. Anda bisa pergunakan banyak waktu untuk ibadah yang lainya di bulan Ramadhan.

7. Pandailah dalam Mengundang Tamu

Mengundang rekan untuk berbuka puasa adalah cara bagus untuk membawa kebahagiaan Anda dan tamu yang anda undang juga menambah pahala.  Siapkan makanan yang mudah yang tidak membuang waktu anda lebih banyak. Jika bisa, siapkan sebagian atau seluruh hidangan sebelumnya sehingga Anda tidak perlu melakukan semuanya di hari yang sama.

Jika memungkinkan, Anda bisa meminta tolong kepada seseorang yang bisa membantu menyiapkan sampai membereskan semuanya. Pastikan Anda membagi makanan agar semua tamu mendapatkan bagiannya.

8. Buat To Do List

 Ini berfungsi sebagai pengingat pekerjaan yang harus diselesaikan dan peringatan jika Anda menempatkan terlalu banyak atau sedikit tugas. Jangan menunda suatu pekerjaan, jika Anda memiliki tugas selesaikan saat itu juga.

9. Istirahat

Agar dapat menyelesaikan tujuan Anda di bulan Ramadhan, anda juga memperlukan waktu istirahat yang cukup.

10. Makan makanan yang Sehat

Makanan yang sehat akan menambah energi yang Anda butuhkan untuk bekerja, beribadah, dan tanggung jawab Anda. Hindari makanan junkfood, karena hal ini membuat Anda lesu dan malas  juga menimbulkan masalah pada kesehatan Anda.

11. Olahraga

Anda dapat melakukan peregangan otot selama beberapa menit atau melakukan olahraga apa pun yang dapat memperkuat dan membantu tubuh Anda agar menjadi lebih sehat.

12. Wanita Pekerja

Wanita yang bekerja, sebagian besar bisa mengatur waktu dengan baik. Bekerja secara efisien adalah gerbang menuju surga, pastikan melakukan kerjaan dengan baik yang menimbulkan hal-hal positif.

Atur jadwal dengan baik, Sesuaikan jam kerja Anda antara beribadah, bekerja, istirahat dan waktu bersama keluarga.

13. Selalu Libatkan Keluarga

Anda bisa mendapatkan bantuan dari anggota keluarga adalam hal mengurus rumah tangga. Anda harus bisa memanajemen waktu dengan baik, cara ini adalah yang dapat membantu Anda memiliki visi jelas yang Anda inginkan.

Itulah tips memanajemen waktu, ibadah, bekerja dan mengurus rumah saat Ramadan.***


Tips Memanajemen Waktu Antara Ibadah Bekerja Dan Mengurus Rumah Saat Ramadan