Dilihat : 77 kali

ARAH BAIK – Ada beberapa atau sebagian besar orang yang menomor satukan keluarga dan menyampingkan urusan lainnya. 

Jika ada sebuah pertemuan dengan kolega, namun waktunya bentrok dengan acara berkumpulnya anggota keluarga, maka ia lebih mementingkan keluarga.

Keluarga menurutnya bagaikan tempat dimana memulai hidup dan menjadi arah untuk setiap kepulangan.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa keluarga ditempatkan nomor satu dibandingkan acara dengan pihak lain.

Nah, berikut ini 9 alasan kenapa kebersamaan keluarga lebih penting dibandingkan apapun :

1. Keluarga Memenuhi Kebutuhan Hidup Kita

Kebutuhan keluarga mulai dari sandang pangan hingga pangan dipenuhi oleh keluarga sejak kecil. Belum lagi dengan kebutuhan, seperti kasih sayang, keceriaan, kepedulian dan sebagainya. Kebetuhan seperti itu tidak bisa ditemukan di tempat lain.

2. Keluarga Menjadi Sekolah Abadi Kita

Banyak materi yang tidak disampaikan di sekolah formal. Sejak lahir sebelum mengenal bangku sekolah, kita dididik oleh keluarga.

Mulai dari skill dasar, seperti berbicara, membaca, menulis, kemandirian, kedisiplinan dan sebagainya.

Meski, kita lulus dari sekolah formal, keluarga tetap menjadi sekolah yang mendidik kita tentang kasih sayang, tanggung jawab, kebersamaan dan sebagainya.

3. Keluarga Mencetak Masa Depan Kita

Sekolah bisa saja membekali diri dengan ilmu, gelar atau status. Namun, pada akhirnya keluarga juga memberikan partisipasinya. Keluarga membantu kita memutuskan pekerjaan, pilihan karir atau jalan masa depan.

4. Keluarga Merayakan Kebahagiaan Bersama Kita

Adam omen dimana kita tersenyum puas dan bangga entah ketika lulus sekolah, mampu beli gadget baru, bisa membangun rumah di usia muda, mendapat posisi kerja yang tinggi, gajinya tinggi.

Tapi tak semua orang ikut bahagia, ada saja yang iri, cemburu dan bahkan menjadi haters. Namun, itu terjadi di keluarga.

Keluarga akan ikut merasakan kebahagiaan kita bahkan terus mendoakan yang terbaik.

5. Keluarga Ada Disaat Duka Maupun Duka

Disaat suka, banyak sekali wajah-wajah yang mengelilingi kita baik itu teman, rekan kerja, kenalan dan sebagainya. Namun begitu duka, biasanya hanya segelintir dari mereka yang mengelilingi kita

Hanya keluarga yang selalu siaga disaat senang maupun duka. Lagipula, kita jika ada apa-apa tentu segera lari ke orang yang terdekat dulu, yakni keluarga atau saudara.

6. Keluarga Menjadi Sumber Konsultasi

Setiap orang memiliki pihak-pihak tertentu sebagai sumber curhat. Ada yang nyaman curhat pada sahabat, guru, pasangan, psikolog.

Namun terkadang, keluarga menjadi pihak pertama yang kita tuju. Apalagi kalau kita hendak memutuskan sesuatu yang vital dalam hidup.

Misalnya konsultasi tentang sekolah, pasangan, pekerjaan dan sebagainya. Keluarga bisa memberi opini yang terbaik dan efek positifnya lebih besar daripada negatif.

7. Keluarga Menjadi Tumpuan Sosial

Keluarga adalah unit kecil dalam masyarakat yang umumnya terdiri dari orang tua dan anak. Jika semuanya bisa bersosialisasi dengan baik, hasilnya tentu harmonis.

Sebaliknya jikka satu diantara mereka gagal bersosialisasi, maka hubungannya cenderung berantakan.

Keluarga bisa menjadi wadah untuk belajar bersosial dengan masyarakat lebih luas.

8. Keluarga Tak Mengubah Kita Menjadi Orang Lain

Disaat bersama orang lain, kita mungkin akan memperhitungkan banyak hal sebelum melakukan sesuatu dalam artian pencitraan atau jaga image.

Namun, hal tersebut tidak berlaku di tengah keluarga. Kita bisa menjadi diri sendiri. Segokil atau seaneh apapun, mereka menerimanya.

9. Keluarga Jadi Tujuan Pulang

Ada saat dimana kita musti kembali ke pangkuan keluarga, sejauh apapun jaraknya sebab mereka adalah sumber kasih sayang dan cinta yang tulus.

Keluarga lebih dahulu khawatir jika sesuatu yang buruk terjadi kepada kita. Bahkan doa mereka selalu mengiringi dimanapun kita berada.

Itulah 9 alasan kenapa kebersamaan keluarga lebih berharga dibandingkan apapun.***


9 Alasan Kebersamaan Keluarga Lebih Penting Dibandingkan Apapun