Dilihat : 131 kali

ARAH BAIK – Bulan penuh berkah yang diharapkan umat Islam akan segera datang.

Bulan yang di nanti nanti orang beriman untuk berlomba lomba mencari ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

مَنْصَامَرَمَضَانَإِيمَانًاوَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُمَاتَقَدَّمَمِنْذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun sebagai orang yang beriman akan intropeksi diri terhadap apa saja yang telah kita capai di Ramadan tahun lalu.

Dengan menilai capaian Ramadan tahun lalu, kita bisa melihat hal apa yang belum kita capai untuk bisa diperbaiki di tahun ini.

Ada beberapa cara agar bulan Ramadan tahun ini bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Dikutip dari About Islam, dapat diaplikasikan agar mengoptimalkan upaya demi meraih tujuan Ramadan. 

Berikut Tips yang dapat Anda kerjakan :                                                

1. Niat

Niat yang baik dalam ibadah berpuasa akan mendapatkan pahala besar selama bulan Ramadan. Langkah awal dalam memulai ibadah puasa yaitu tetapkan niat yang mantap dalam hati untuk beribadah kepada Allah SWT.

Ketika sudah niat ibadah puasa, sholat, tadarrus, bersedekah maka atas izin Allah akan mendapatkan keridhaan-Nya.

2. Optimalkan Sahur

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “ Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhori dan Muslim)

3. Playlist Tilawah Alquran atau Ceramah

Tukar musik yang biasa anda dengarkan untuk mengisi hari hari Anda dengan Murrotal Alqur’an ataupun podcast ceramah atau pengajaran tentang ajaran agama Islam yang bisa bermanfaat bagi Anda di waktu saat ini ataupun nanti.

4. Bersedekah

Keyakinan yang kita yakini sebagai seorang muslim adalah ketika memberi, maka Allah akan menggantinya lebih banyak lagi kepada kita.

Maka dengan kita memberi dengan tujuan beribadah Kepada Allah, maka Allah akan mengganti dengan yang lebih baik.

5. Perbanyak Amalan Sunnah

Selain berpuasa ibadah yang bisa Anda kerjakan untuk menambah pahala yaitu, anda bisa sholat sunnah, bersilaturahmi, berdoa, bersiwak, memberi iftar kepada orang lain, dan masih banyak lagi ibadah sunnah yang bisa Anda kerjakan.

6. Perbanyak Baca Alqur’an

Membaca Alquran juga mendatangkan pahala. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi tersebut menunjukkan bahwa pahala yang dimaksudkan khusus untuk orang yang membaca Alquran.

Adapun pahala bagi orang yang mendengarkan bacaan Alquran, maka kepastian pahalanya hanya diketahui oleh Allah Ta’ala.

7. Santai Ketika Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, jangan tergesa gesa. Minum air putih secukupnya dan jangan makan berat terlebih dahulu. Anda tidak perlu makan tiga kali untuk mengganti makan siang. Saat berbuka puasa makanlah sampai Anda kenyang dan nyaman.

Tunaikanlah ibadah solat maghrib dan isya atau bisa Anda kerjakan pula solat tarawih . Makanlah sedikit lebih banyak jika Anda lapar demi mendapat keberkahan dari Allah.

Itulah beberapa tips yang bisa kerjakan untuk memperbaiki diri dan mendapatkan ganjaran yang besar atas apa ibadah yang telah Anda kerjakan. ***


Sambut Bulan Ramadan 2022 Dengan Memperbaiki Diri Agar Jadi Lebih Baik