Dilihat : 76 kali

ARAH BAIK - Selain merupakan kewajiban bagi setiap muslim di dunia ini, puasa Ramadan memiliki keutamaan yang tertera dalam beberapa hadist.

Mengutip dari buku Menyambut Ramadan karya Sayid Mahadhir, setidaknya ada delapan hadist yang menjelaskan keutamaan berpuasa di Bulan Ramadan.

Pertama

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: " Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan. Allah telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An Nasai)

Kedua

Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan ihtisab telah diampuni dosanya yang telah dibuat di masa lalu dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah di masa lalu. (HR. Bukhari Muslim)

Ketiga

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: " Shalat lima waktu dan Jumat ke Jumat berikutnya, Ramadan ke Ramadan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim)

Keempat

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman yang artinya, " Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena Ku.” (HR. Muslim)

Kelima

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR. Muslim)

Keenam

Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut pintu ar Rayyan. Bagi siapa saja yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Diserukan saat itu, " Manakah orang-orang yang berpuasa?". Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya.

Ketujuh

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah saw bersabda, " Jika telah datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedelapan

Dari Abi Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah saw bersabda," Alangkah sayangnya bagi seseorang yang telah dilewati Ramadan kemudian berlalu tanpa sempat diampuni dosanya. (HR Tirmizi)

Itulah beberapa hadist tentang keutamaan berpuasa di bulan Ramadan. ***


8 Keutamaan Puasa Ramadan Salah Satunya Setansetan Dirantai