Dilihat : 57 kali

ARAH BAIK - Ibadah puasa Ramadan yang sebentar lagi dilaksanakan umat Islam juga dipercaya memiliki banyak keutamaan luar biasa.

Selama bulan puasa Ramadan, pahala setiap amal baik yang dikerjakan manusia akan diganjar berlipat ganda oleh Allah.

Dengan menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari (maghrib).

Selain itu, bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga, saat berpuasa juga diwajibkan untuk mengendalikan hawa nafsu (nafsu amarah) dan panca indera ke arah yang positif.

Dikenal dengan bulan yang penuh ampunan, hendaknya kita menyambutnya dengan penuh makna.

Salah satunya mengetahui keistimewaan puasa Ramadan demi memaksimalkan ibadah.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan di bulan Ramadan diantaranya :

1. Mulailah hari dengan dua rakaat sholat sunnah setelah sahur dan sebelum shalat subuh.

2. Pastikan untuk sholat subuh berjamaah agar diberikan keutamaan cahaya sempurna di hari pembalasan.

3. Membaca Al-Qur’an setiap hari. Membaca satu juz sehari adalah jumlah minimal yang biasa dilakukan di bulan Ramadan, kalau tidak sanggup lakukanlah sebanyak yang kita bisa.

4. Membaca tafsir satu juz satu hari agar mengetahui makna kosakata dan konteksnya.

5. Usahakan untuk tidak makan banyak. Ikuti sunnah konsumsi dalamtubuh (sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara). Hal ini akan sangat membantu untuk tetapwaspada dan tidak lesusaat shalat tarawih.

6. Menjalankan shalat dhuha, Nabi mengatakan bahwa shalat dhuha adalah salah satu shalat bagi orang yang ikhlas dan saleh.

7. Menghafalkan Asmaul Husna

8. Tidur siang sebentar agar bisa shalat isya’ dan tarawih

9. Sedekah Donasi Iftar, luangkan satu hari dimana kita menyiapkan salah satu Iftar terbaik dan membagikannya untuk tetangga atau setidaknya membaginya dengan mereka. Tidak masalah apakah tetangga kitaseorang Muslim atau bukan. Ini adalah kesempatan emas untuk lebih dekat dengan tetangga, memperkenalkan mereka kepada Islam dan berbagi semangat Ramadan dengan mereka.

10. Pilih satu hari dimana kita dapat mengundang teman-teman dan anak-anak kita  untuk berbuka puasa. Buat program dengan tanya jawab tentang Ramadan jika tamu datang lebih awal. 

11. Bergabunglah dengan komunitas muslim di sekitar kita untuk berbuka puasa.  Undang rekan kerja non-Muslim atau teman sekelas ke komunitas dan perkenalkan mereka kepada Muslim lainnya. 

Nah, jadi itulah tips yang dapat dilakukan pada saat bulan Ramadan, bisa dilakukan untuk individu, keluarga dan komunitas di sekitar.***


Pahala Berlipat Ganda Tips Memaksimalkan Keistimewaan Bulan Ramadan