Dilihat : 280 kali

ARAH BAIK – Bulan Ramadan tinggal menghitung hari, bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Nah, sebelum menyambut puasa Ramadan, alangkah baiknya terlebih dulu menyelesaikan hutang puasa di bulan Ramadan tahun lalu sebab puasa Ramadan hukumnya adalah wajib.

Ustadz Ahmad Sarwat dalam buku Sejarah Puasa menjelaskan dalam syariat Islam ibadah puasa didasarkan pada sumber-sumber utama, yakni Al-qur’an, hadist, dan juga ijma’ (konsesus) para ulama.

Sebelum diwajibkan puasa Ramadan, Rasulullah SAW dan para sahabat telah mendapatkan perintah mengerjakan puasa, diantaranya adalah puasa tiga hari setiap bulan dan puasa pada tanggal 10 Muharram (Asyura).

Hal tersebut sebagimana hadist, “Kaana Rasullulah SAW yashumutsalatsataayyamin min kullisyahrinwayashumuyaumaasyura” yang artinya, “Rasullulah SAW berpuasa tiga hari pada setiap bulannya dan beliau berpuasa di hari Asyura,” hadist riwayat Abu Dawud.

Kemudian turunlah ayat yang memerintahkan Nabi beserta umat Islam untuk mengerjakan puasa fardhu hanya di bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 183.

Sehingga kita sebagai umat muslim mari untuk sekedar saling mengingatkan, untuk segera mengganti hutang puasa pada Ramadan tahun lalu ini sebagai bentuk saling mengingatkan dan menasihati.***


Ramadan Sebentar Lagi Masih Punya Hutang Puasa Jangan Lupa Selesaikan Dahulu