Dilihat : 241 kali

ARAH BAIK – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan menyediakan tempat vaksin booster gratis untuk para pemudik.                               

Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk membantu pemudik yang belum mendapatkan vaksin booster.

Sejalan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa masyarakat dibolehkan mudik dengan syarat sudah dua kali vaksin dan satu kali booster.

“Kalau masyarakat mau booster, nanti disiapkan oleh Kemenhub tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas –fasilitas angkutan umum dan pos-pos dimana masyarakat bisa disuntik booster sebelum mudik,” ujar Budi Gunadi dalam jumpa pers virtual Rabu, 23 Maret 2022.

Budi Gunadi menyarankan agar masyarakat segera melakukan booster sebab jika vaksinasi tidak lengkap akan beresiko terpapar bagi sanak saudara atau orang tua yang dikunjungi saat mudik.

“Vaksinasi tidak lengkap itu dampaknya negatif terutama ke orang tua. Padahal, orang tua saat lebaran jadi sasaran kunjungan anak-anaknya. Jadi disarankan kalu mudik sebaiknya booster untuk memperkecil resiko penularan,” tuturnya.

Budi Gunadi menambahkan bahwa stok vaksin di Indonesia mencapai 475 juta dosis.

“Sekitar 395 juta vaksin sudah digunakan untuk masyarakat, sisanya ada 80 juta dosis vaksin yang bisa dipakai untuk vaksin booster,” tambahnya.

“Sekarang seminggu rata-rata lima sampai enam juta orang divaksin. Kalau kondisi normal, paling 20 juta dosis terpakai dalam satu bulan, jadi kita masih punya stok vaksin untuk empat bulan ke depan. Cukup untuk dosis dua dan booster,” tutup Budi Gunadi.***


Menkes Budi Gunadi Kami Sediakan Tempat Vaksinasi Booster Gratis Untuk Pemudik